AXORG - Avanza Xenia Organization ( Forum Pecinta & Pemilik Avanza Xenia )

Full Version: Xenia punyaku Overheat
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
Pages: 1 2 3 4
(05-01-2011 06:47 PM)mbuhyoben Wrote: [ -> ]kemarin datengin bengkel, dan diskusi tentang kemungkinan ganti radiator, water pump, kipas radiator dll. Tapi menurut bengkel :
1. oli belum bercampur air, radiator, water pump dll msh normal.
langkah yg dilakukan hanya mendobel packing, krn menurut dia cyilinder head pernah melenting (walaupun sdh pernah dibubut?)

Minta tanggapan temen2, apakah dimungkinkan hal tersebut sbg solusi ?
Apakah mbubut-nya terlalu banyak? atau sebelumnya pernah dibubut?

Jika cylinder head pernah di-bubut/di-papas/di-slyp sehingga kompresi naik, untuk menaikkan performa mobil, memang ada efek samping timbul panas yang berlebih, sehingga kadang-kadang ada bengkel yang menyarankan double packing untuk mengembalikan kompresi ke standar lagi. Tapi jarang bengkel bener yang ngerekomendasiin hal ini, karena bisa menimbulkan kebocoran kompresi....

Ane pernah ngelakuin ini, cylinder head ane papas 0.8 mm sehingga kompresi naik dan mobil ane ngga bisa minum premium, bahkan pertamax pun masih ngelitik, memang panas mesin meningkat tapi tidak menimbulkan overheat. ane kembaliin kompresi ke standar dengan mengganti cylinder head baru, dan itupun harganya ga semahal ongkos turun mesin ente kok...

Pertanyaannya apakah ente pernah ngebubut/papas/slyp cylinder head ente om? waktu turun mesin diapain aja?

Dan tolong tanyain ke bengkel ente, gimana ceritanya "selang reservoir berwarna coklat lengket dan sedikit berminyak & airnya warna merah kecokaltan" di mobil ente, sama apa hubungannya dengan double packing ya? bisa ngga bengkel ente ngejelasin hal itu?
bw ke om Fiqi aj dah Whistling
Betul ... betul ... betul ...
ampun dah gara2 over heat sampe keluar hampir lumayan tuh....
@om Fiqi :
Ya. kata bengkel krn overheat, cilynder heat melenting, maka harus :
1. dibubut head cylinder,
2. piston dan ringnya harus diganti krn ada yg tergores. O ya sebelumnya ukuran piston 50. Diganti sekalian ke standartnya lagi atau nol.
3. Kolter cylinder
4. Ganti Oli mesin
5. Filter Oil
6. Ganti kampas kopling & matahari (permintaan tambahan ane sendiri)

tentang reservoir yg abis katanya (sepemahaman ane, walaupun ane msh blm menerima sepenuhnya alasan tsb) : merembes ke ruang bakar. Selebihnya dia nggak njelasin banyak

@om Fiqi :
harga cylinder head Xenia Xi tahun 2004 non VVTi kisaran brp?
hehehe, ane jadi kembali ke pertanyaan awal ane lagi om, emang waktu overheat kedua, mobil ente sampe mogok sehingga harus turun mesin? kalo ngga mogok, kecil kemungkinan cyl head sampe melenting dan harus turun mesin, kalo iya, berarti apa yang dibilang bengkel ente itu bener, mesin harus turun dan dilihat apa aja kerusakannya...btw ente liat piston bekasnya ngga? beneran baret?

air di reservoir abis karena ngerembes lewat mana om? kalo bener ngerembes ke ruang bakar, berarti kecampur oli dong? hehehe....berarti bener dugaan ane yang berwarna coklat, lengket dan berminyak itu oli yang bercampur sama coolant....karena ane juga pernah ngalamin itu dan alhamdulillah bengkelnya mau mengakui kesalahan mereka dan memperbaiki semuanya free....

sorry om, ane bawel yak...

Pastinya ane ngga tau harga cylinder head nya om, karena ane serahin semuanya ke Phoenix, yang pasti total ngga semahal ente, kalo ngga salah om Ignatius bilang barunya di Auto2000 harganya 7 jutaan, coba aja iseng tanya ke daihatsu harga cylinder head xenia xi non vvti, biasanya jauh lebih murah, padahal barangnya sama...
(06-01-2011 10:20 PM)mbuhyoben Wrote: [ -> ]@om Fiqi :
Ya. kata bengkel krn overheat, cilynder heat melenting, maka harus :
1. dibubut head cylinder,
2. piston dan ringnya harus diganti krn ada yg tergores. O ya sebelumnya ukuran piston 50. Diganti sekalian ke standartnya lagi atau nol.
3. Kolter cylinder
4. Ganti Oli mesin
5. Filter Oil
6. Ganti kampas kopling & matahari (permintaan tambahan ane sendiri)

tentang reservoir yg abis katanya (sepemahaman ane, walaupun ane msh blm menerima sepenuhnya alasan tsb) : merembes ke ruang bakar. Selebihnya dia nggak njelasin banyak

@om Fiqi :
harga cylinder head Xenia Xi tahun 2004 non VVTi kisaran brp?

Sorry om gw ga tahu untuk harga turun mesin xenia tapi buat perbandingan aja, kayaknya kemalan deh dengan harga segitu, dulu ane pernah turun mesin civic ferio habisnya sekitar 6 jutaan juga tapi itu dah tambal dan bubut jalur air di blik karena korosi (kasusnya sama karena sama pemilik dahulu diisi air biasa) karena harus dibubut maka mesti ganti liner silinder, ring piston, termasuk ganti kampas kopling dan seal2 semuanya dan mumpung lagi turun sekalian PnP tapi yg biasa bukan trianggle.

Cuma bermaksud memberi informasi aja ya om secara ferio ga bisa dibandingin langsung dengan xenia..

Buat per
@B 555 win :
thanks infonya..

@semuanya :
Hari ini ane ke bengkel,..tapi belum selesai....sebel ama si bengkel. Kalu sdh ada nanti ane share ke sini hasilnya..
(08-01-2011 07:45 PM)mbuhyoben Wrote: [ -> ]@semuanya :
Hari ini ane ke bengkel,..tapi belum selesai....sebel ama si bengkel. Kalu sdh ada nanti ane share ke sini hasilnya..

gimana hasilnya om? jadi penasaran...
Emang bener sih kata orang2, kalo untuk nanganin mesin overheat gak bisa sembarang bengkel, karena jarang bengkel yang kerjaannya bagus, rapi, dan JUJUR.. Karena kalo hasil diagnosa awal penyebab overheat salah, apa yg dikerjakan berdasarkan hasil diagnosa yg salah itu gak akan maksimal, alhasil pasti bakalan overheat terus dan bolak balik ke bengkel.. Beruntung kalo spt kasusnya om Fiqi bengkelnya mau ngakuin kesalahan, dan semuanya diperbaiki lg free.. Ane jg dulu pernah ngalamin xenia overheat sampai mobil berhenti di jalan tol, ditarik ke bengkel (dulu belom kenal phoenix, jd bawa ke bengkel lain yg direkomendasi sm temen hehehe), total pengeluaran saat itu sekitar 3,1juta (bubut, packing top set, oli, busi, jasa, dll) abis itu langsung ganti radiator gak sampai sejuta, sampai skrg mesinnya ok gak pernah ada masalah lg. Smile
Saran ane; kalo bengkelnya mencla-mencle.. bawa ke phoenix aja om, tp kalo dalam keadaan harus ditarik apa bisa ya naik sampai ke phoenix 095
Pages: 1 2 3 4
Reference URL's