AXORG - Avanza Xenia Organization ( Forum Pecinta & Pemilik Avanza Xenia )

Full Version: SERVICE BERKALA
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
Pages: 1 2
buat RR yang butuh info mengenai service berkala sebagai berikut :
Periode Servis Berkala

1.000 km
Analisa dan pengaturan:
Emisi gas buang, chassis dan body, oli mesin, sistem dan saluran pendinginan mesin, minyak (rem, kopling, & power steering).

10.000, 30.000, 50.000, 70.000 & 90.000 km
Semua pekerjaan di Servis Berkala 1.000 km, ditambah dengan:
» Ganti oli mesin.

Analisa dan pengaturan:
Performa mesin, sistem rem, serta ban (Tekanan, rotasi + balancing roda depan)

20.000, 60.000 & 100.000 km
Semua pekerjaan di Servis Berkala 10.000 km, ditambah dengan:
Analisa dan pengaturan:
Fuel supply system, sistem kemudi dan suspensi kendaraan.

40.000, 80.000 & 120.000 km
Semua pekerjaan di Servis Berkala 20.000 km, ditambah dengan:
» Ganti busi.
» Ganti oli (transmisi dan diferensial).
» Ganti minyak rem dan saringan udara.
» Ganti saringan bahan bakar (tiap kelipatan 80.000 km).

Analisa dan pengaturan:
Charcoal canister untuk menjamin gas buang aman bagi penumpang dan lingkungan.
berikut lampiran tabel nya
[Image: servis1.jpg]
[Image: servis2.jpg]
[Image: service3.jpg]

semoga membantu..

sumber: http://toyota-ownerclub.com
Sekedar saran tambahan berdasarkan pengalaman aja...

1000 km:
ganti semua oli (mesin, gardan, transmisi), dikhawatirkan ada geram sisa process machining yang masih tertinggal, orang bilang process machining di pabrik sudah bagus, ngga mungkin ada geram yang tertinggal...hei, biar bagaimanapun tetep ada kemungkinan, sapa tau mobil ente lagi apes dapet mesin, gardan, & transmisi yang process machiningnya jelek...

khusus untuk yang tinggal di Jakarta yang sering kena macet, sebaiknya ganti oli tiap 5000 km, karena kerja mesin ente lebih berat, juga cek gap busi, jangan sampe terlalu longgar atau terlalu rapet

tiap 20.000 km atau setahun sekali:
- minta bersihin filter & pompa bensin, jangan cuma dicek fuel sistem doang, terutama yang masih pake premium, ntar liat itemnya filter bensin ente seperti apa
- yang pake matic, ganti oli transmisi matic ente, jangan percaya buku servis yang bilang ngga usah diganti sampe 80.000 km

tiap 40.000 km:
- yang pake matic, kuras oli transmisi matic pake ATF changer, jangan cuma diganti doang.
- ganti minyak rem & minyak power steering

ini sekedar saran dan tambahan biar mobil ente tetep enak & awet, tapi kembali lagi terserah kepada masing-masing...hehehe
(02-09-2010 08:39 AM)Fiqi Wrote: [ -> ]Sekedar saran tambahan berdasarkan pengalaman aja...

1000 km:
ganti semua oli (mesin, gardan, transmisi), dikhawatirkan ada geram sisa process machining yang masih tertinggal, orang bilang process machining di pabrik sudah bagus, ngga mungkin ada geram yang tertinggal...hei, biar bagaimanapun tetep ada kemungkinan, sapa tau mobil ente lagi apes dapet mesin, gardan, & transmisi yang process machiningnya jelek...

khusus untuk yang tinggal di Jakarta yang sering kena macet, sebaiknya ganti oli tiap 5000 km, karena kerja mesin ente lebih berat, juga cek gap busi, jangan sampe terlalu longgar atau terlalu rapet

tiap 20.000 km atau setahun sekali:
- minta bersihin filter & pompa bensin, jangan cuma dicek fuel sistem doang, terutama yang masih pake premium, ntar liat itemnya filter bensin ente seperti apa
- yang pake matic, ganti oli transmisi matic ente, jangan percaya buku servis yang bilang ngga usah diganti sampe 80.000 km

tiap 40.000 km:
- yang pake matic, kuras oli transmisi matic pake ATF changer, jangan cuma diganti doang.
- ganti minyak rem & minyak power steering

ini sekedar saran dan tambahan biar mobil ente tetep enak & awet, tapi kembali lagi terserah kepada masing-masing...hehehe
Om fiqi kalo ganti oli transmisi matic gitu (bukan kuras) di Shop & Drive bisa gak yah, kalo kuras mesti kemana apamesti ke beres..

Trus buat service 10 rb emang boleh ganti oli doank, temen gw kok habis hampir 800 rban yah, ada enggine flush, ada bersihin cakram sama spooring. item2 itu pilihan kita apa satu paket harus semua dilakukan ya, maksud ane kalo yg spooring, enggine flush ga usah (kan bisa di bengkel luar)...bangkrut juga kalo tiap service 10 rb habis segitu..ada yg punya pengalaman
Om fiqi kalo ganti oli transmisi matic gitu (bukan kuras) di Shop & Drive bisa gak yah, kalo kuras mesti kemana apamesti ke beres..

Trus buat service 10 rb emang boleh ganti oli doank, temen gw kok habis hampir 800 rban yah, ada enggine flush, ada bersihin cakram sama spooring. item2 itu pilihan kita apa satu paket harus semua dilakukan ya, maksud ane kalo yg spooring, enggine flush ga usah (kan bisa di bengkel luar)...bangkrut juga kalo tiap service 10 rb habis segitu..ada yg punya pengalaman

[/quote]

Ganti oli matic bisa di shop & drive om, toda juga bisa, sedangkan untuk kuras harus ke bengkel yang punya alat ATF CHANGER, dan sayangnya ngga semua bengkel punya, coba aja tanya bengkel langganan ente punya atau ngga, kalo ga punya terpaksa ke Beres, atau kalo mau main2 ke Kelapa Gading, Phoenix-R punya tuh...hehehe...sekalian promosi....

Pengalaman ane emang paketnya beres untuk service berkala segitu bro, tapi kalo di daihatsu, kita bisa milih, jadi konsumen dikasih semacam checklist gitu, ntar kita pilih mana yang mau dikerjain & tidak...ane dari dulu ga pernah spooring di beres, ane lebih percaya sama bengkel ban, kalo service rem (bersihin cakram & kampas rem) itu memang harus bro, engine flush biasanya memang tiap 2x ganti oli, di flush, biar bersih dan ga ada kerak sisa2 oli yang yang nempel, harganya ga sampe 100ribu kok...

itu abis 800.000 baru untuk service 10.000 bro, kalo ente service 40.000 dan 80.000 jauh lebih mahal lagi...hehehe
(16-11-2010 02:38 PM)Fiqi Wrote: [ -> ]
(16-11-2010 02:12 PM)B 555 WIN Wrote: [ -> ]
Om fiqi kalo ganti oli transmisi matic gitu (bukan kuras) di Shop & Drive bisa gak yah, kalo kuras mesti kemana apamesti ke beres..

Trus buat service 10 rb emang boleh ganti oli doank, temen gw kok habis hampir 800 rban yah, ada enggine flush, ada bersihin cakram sama spooring. item2 itu pilihan kita apa satu paket harus semua dilakukan ya, maksud ane kalo yg spooring, enggine flush ga usah (kan bisa di bengkel luar)...bangkrut juga kalo tiap service 10 rb habis segitu..ada yg punya pengalaman

Ganti oli matic bisa di shop & drive om, toda juga bisa, sedangkan untuk kuras harus ke bengkel yang punya alat ATF CHANGER, dan sayangnya ngga semua bengkel punya, coba aja tanya bengkel langganan ente punya atau ngga, kalo ga punya terpaksa ke Beres, atau kalo mau main2 ke Kelapa Gading, Phoenix-R punya tuh...hehehe...sekalian promosi....

Pengalaman ane emang paketnya beres untuk service berkala segitu bro, tapi kalo di daihatsu, kita bisa milih, jadi konsumen dikasih semacam checklist gitu, ntar kita pilih mana yang mau dikerjain & tidak...ane dari dulu ga pernah spooring di beres, ane lebih percaya sama bengkel ban, kalo service rem (bersihin cakram & kampas rem) itu memang harus bro, engine flush biasanya memang tiap 2x ganti oli, di flush, biar bersih dan ga ada kerak sisa2 oli yang yang nempel, harganya ga sampe 100ribu kok...

itu abis 800.000 baru untuk service 10.000 bro, kalo ente service 40.000 dan 80.000 jauh lebih mahal lagi...hehehe
[/quote]

Bro..kalo ganti oli transmisi berapaan yah, sama kalo kuras kira2 berapa, buat estimasi aja kalo bengkel langganan di jakarta ane lom ada newbie banget,he..he..hmm gitu yah tapi paling tidak buat spooring nanti gw bisa minta ga pake kan.lumayan 150rb..he..he, lagi itung-itungan nih bro 3rb km lagi mesti service 10rb.. makasih om atas pencerahannya
muantap...
klo pas ganti oli di beres, apa beres hanya menyediakan oli tertentu saja ato ada pilihan lain??
klo emang g ada, bisa ga bawa oli dari luar??
hilangin garansinya ga??
(16-11-2010 03:10 PM)Arios Wrote: [ -> ]muantap...
klo pas ganti oli di beres, apa beres hanya menyediakan oli tertentu saja ato ada pilihan lain??
klo emang g ada, bisa ga bawa oli dari luar??
hilangin garansinya ga??

Nah itu bro..gw juga nyari beres yang ada oli Shell Helixnya, kemaren nanya Plaza Toyota Tendean cuma nyediain Elf, Castrol ma TGMO, sementara A2K malah ga ada, semua pakai TGMO, ada yang punya informasi beres dimana
(16-11-2010 03:10 PM)Arios Wrote: [ -> ]muantap...
klo pas ganti oli di beres, apa beres hanya menyediakan oli tertentu saja ato ada pilihan lain??
klo emang g ada, bisa ga bawa oli dari luar??
hilangin garansinya ga??

(16-11-2010 03:47 PM)B 555 WIN Wrote: [ -> ]
(16-11-2010 03:10 PM)Arios Wrote: [ -> ]muantap...
klo pas ganti oli di beres, apa beres hanya menyediakan oli tertentu saja ato ada pilihan lain??
klo emang g ada, bisa ga bawa oli dari luar??
hilangin garansinya ga??

Nah itu bro..gw juga nyari beres yang ada oli Shell Helixnya, kemaren nanya Plaza Toyota Tendean cuma nyediain Elf, Castrol ma TGMO, sementara A2K malah ga ada, semua pakai TGMO, ada yang punya informasi beres dimana

Setahu ane di bisa bro bawa oli dari luar.. ngga menghaguskan garansi kok. ane sering bawa oli dari luar belinya kecuali oli rem ane percayakan kepada BERES, soalnya nyawa di tangan remUndecided
(16-11-2010 05:37 PM)dimsum7124uv Wrote: [ -> ]
(16-11-2010 03:10 PM)Arios Wrote: [ -> ]muantap...
klo pas ganti oli di beres, apa beres hanya menyediakan oli tertentu saja ato ada pilihan lain??
klo emang g ada, bisa ga bawa oli dari luar??
hilangin garansinya ga??

(16-11-2010 03:47 PM)B 555 WIN Wrote: [ -> ]
(16-11-2010 03:10 PM)Arios Wrote: [ -> ]muantap...
klo pas ganti oli di beres, apa beres hanya menyediakan oli tertentu saja ato ada pilihan lain??
klo emang g ada, bisa ga bawa oli dari luar??
hilangin garansinya ga??

Nah itu bro..gw juga nyari beres yang ada oli Shell Helixnya, kemaren nanya Plaza Toyota Tendean cuma nyediain Elf, Castrol ma TGMO, sementara A2K malah ga ada, semua pakai TGMO, ada yang punya informasi beres dimana

Setahu ane di bisa bro bawa oli dari luar.. ngga menghaguskan garansi kok. ane sering bawa oli dari luar belinya kecuali oli rem ane percayakan kepada BERES, soalnya nyawa di tangan remUndecided

Beres dimana nih bro..,mau donk infonya,
(16-11-2010 02:53 PM)B 555 WIN Wrote: [ -> ]Bro..kalo ganti oli transmisi berapaan yah, sama kalo kuras kira2 berapa, buat estimasi aja kalo bengkel langganan di jakarta ane lom ada newbie banget,he..he..hmm gitu yah tapi paling tidak buat spooring nanti gw bisa minta ga pake kan.lumayan 150rb..he..he, lagi itung-itungan nih bro 3rb km lagi mesti service 10rb.. makasih om atas pencerahannya

Ane ngga apal kalo di bengkel lain bro, tpi kalo di Phoenix, ganti oli transmisi kalo olinya dari Phoenix ngga kena ongkos jasa, hanya bayar harga olinya saja, tapi kalo bawa dari luar kena charge tapi ane ga tau persisnya berapa, soalnya jarang banget yang bawa oli transmisi dari luar...sedangkan kalo kuras oli matic, jasanya 120.000 + harga oli yang dipake
Spooring kalo di bengkel spooring langganan ane cuma 60.000 bro, karena avanza/xenia yang di spooring cuma roda depan doang, kalo depan belakang 120.000, di shop & drive juga kalo ngga salah lebih murah daripada di Beres
(16-11-2010 05:37 PM)dimsum7124uv Wrote: [ -> ]Setahu ane di bisa bro bawa oli dari luar.. ngga menghaguskan garansi kok. ane sering bawa oli dari luar belinya kecuali oli rem ane percayakan kepada BERES, soalnya nyawa di tangan remUndecided

BeRes mana yang bilang bawa oli dari luar ngga menghanguskan garansi bro? khususnya untuk garansi mesin yg terkait oli ya....
misalnya ada kasus: abis service di beres dimana ente bawa oli sendiri, ternyata knalpot ente ngebul, ente balikin ke BeRes, setelah dianalisa disinyalir piston ente baret karena oli yang ente bawa waktu service kualitasnya jelek / palsu, emang BeRes masih mau di claim garansi pistonnya?
(16-11-2010 03:47 PM)B 555 WIN Wrote: [ -> ]
(16-11-2010 03:10 PM)Arios Wrote: [ -> ]muantap...
klo pas ganti oli di beres, apa beres hanya menyediakan oli tertentu saja ato ada pilihan lain??
klo emang g ada, bisa ga bawa oli dari luar??
hilangin garansinya ga??

Nah itu bro..gw juga nyari beres yang ada oli Shell Helixnya, kemaren nanya Plaza Toyota Tendean cuma nyediain Elf, Castrol ma TGMO, sementara A2K malah ga ada, semua pakai TGMO, ada yang punya informasi beres dimana

ane ga tau kalo Toyota, tapi Daihatsu Yos Sudarso jual Shell tuh, IMHO, daripada shell ane mendingan pake Fastron, isinya sama tapi lebih murah...hehehe
Pages: 1 2
Reference URL's