AXORG - Avanza Xenia Organization ( Forum Pecinta & Pemilik Avanza Xenia )
Awas Kabel Kopling Putus...!!! - Printable Version

+- AXORG - Avanza Xenia Organization ( Forum Pecinta & Pemilik Avanza Xenia ) (http://www.avanzaxenia.org)
+-- Forum: AXORG TEAM SUPPORTING (/forumdisplay.php?fid=8)
+--- Forum: Phoenix Racing (/forumdisplay.php?fid=67)
+--- Thread: Awas Kabel Kopling Putus...!!! (/showthread.php?tid=1155)

Pages: 1 2 3 4 5


Awas Kabel Kopling Putus...!!! - Langitt - 08-12-2010 09:31 AM

Mbemm aku Xe Xi vvti 2007 waktu itu, pas lagi macet tutal di depan carefour cawang tiba2 kabel Kupling putus, di tengah jalan yang lagi macet begitu n plus agak nanjak dikit mubil gak bisa ngapa2in lagi.. akhirnya dengan sekuat tenaga dorong ke pinggir untung dibantuin sama pengendara motor. sampe di siarin di Gen FM kalo jalanan itu macet total dikarenakan ada Mbem yang mogok... Wallbash
Baru itu ngalamin kabel Kupling putus..... hiks...

Om Fiqi..Om Fiqi... Nanya donk, cara ngecek Kabel kupling gimana ya? udah waktunya ganti apa belom gitu... trus apa bener Xenia 1300cc bisa pakai Kabel kopling punya avz 1500cc yang katanya sistem hidrolik ya? CMIIW, apa kelebihan nya?

thanks....

OIa.... Yang pada lom ngecek Kabel Kopling siap2 ya.... Tongue1


RE: Awas Kabel Kopling Putus...!!! - Andikamot - 08-12-2010 10:31 AM

Iya neh om langit, ku pernah ngalami juga pas 3 bln yg lalu, didekat pintu tol exit bogor waktu pulang dari Puncak. Kerasa awalnya sih pas di puncak, pas nginjek kopling ini kok enteng banget tidak seperti biasanya, waktu di jalan tol udah ada firasat sebenarnya, jangan2 kabel kopling mau putus neh. Dan bener juga setelah byr tol masuk gigi 1 lancar, gigi 2 lancar, gigi 3 injak kopling kok ngelos..Waduh, putus neh kopling! Jadi tanda2 kabel kopling mau putus, menginjak kopling jadi enteng tidak seperti biasanya dan ada gejala bunyi 'kreek' waktu injak kopling sebelum putus. Mungkin dari suara kawat putus dalam kabel kopling.
Iya neh om langit, ku pernah ngalami juga kejadian 4 bln yg lalu, didekat pintu tol exit bogor waktu pulang dari Puncak. Kerasa awalnya sih pas di puncak, pas nginjek kopling ini kok enteng banget tidak seperti biasanya, waktu di jalan tol udah ada firasat sebenarnya, jangan2 kabel kopling mau putus neh. Dan bener juga setelah byr tol masuk gigi 1 lancar, gigi 2 lancar, gigi 3 injak kopling kok ngelos..Waduh, putus neh kopling! Jadi tanda2 kabel kopling mau putus, menginjak kopling jadi enteng tidak seperti biasanya dan ada gejala bunyi 'kreek' waktu injak kopling sebelum putus. Mungkin dari suara kawat putus dalam kabel kopling.


RE: Awas Kabel Kopling Putus...!!! - Langitt - 08-12-2010 10:40 AM

(08-12-2010 10:31 AM)Andikamot Wrote:  Kerasa awalnya sih pas di puncak, pas nginjek kopling ini kok enteng banget tidak seperti biasanya, waktu di jalan tol udah ada firasat sebenarnya, jangan2 kabel kopling mau putus neh. Dan bener juga setelah byr tol masuk gigi 1 lancar, gigi 2 lancar, gigi 3 injak kopling kok ngelos..Waduh, putus neh kopling! Jadi tanda2 kabel kopling mau putus, menginjak kopling jadi enteng tidak seperti biasanya dan ada gejala bunyi 'kreek' waktu injak kopling sebelum putus. Mungkin dari suara kawat putus dalam kabel kopling.

Kalo itu mah bukan cara ngecek kabelnya udah waktunya ganti apa belom... hahaha.. tapi emang bakal ngalamat bubar tuh kabel kopling kalo udah enteng n kreekk... karna ulir2 kabel pada putus... Big Grin


RE: Awas Kabel Kopling Putus...!!! - Nata - 08-12-2010 01:52 PM

(08-12-2010 10:40 AM)Langitt Wrote:  
(08-12-2010 10:31 AM)Andikamot Wrote:  Kerasa awalnya sih pas di puncak, pas nginjek kopling ini kok enteng banget tidak seperti biasanya, waktu di jalan tol udah ada firasat sebenarnya, jangan2 kabel kopling mau putus neh. Dan bener juga setelah byr tol masuk gigi 1 lancar, gigi 2 lancar, gigi 3 injak kopling kok ngelos..Waduh, putus neh kopling! Jadi tanda2 kabel kopling mau putus, menginjak kopling jadi enteng tidak seperti biasanya dan ada gejala bunyi 'kreek' waktu injak kopling sebelum putus. Mungkin dari suara kawat putus dalam kabel kopling.

Kalo itu mah bukan cara ngecek kabelnya udah waktunya ganti apa belom... hahaha.. tapi emang bakal ngalamat bubar tuh kabel kopling kalo udah enteng n kreekk... karna ulir2 kabel pada putus... Big Grin

trus gimana cara ngecek nya supaya kita bisa prepare lebih awal ...


RE: Awas Kabel Kopling Putus...!!! - Arios - 08-12-2010 03:01 PM

wah, pengen tau juga nie gimana cara mengetahuinya...
apa ada yang bisa jawab??


RE: Awas Kabel Kopling Putus...!!! - Ignatius - 08-12-2010 03:21 PM

Ane dulu jg pernah ngalamin kabel kopling putus... tp waktu masih naik motor
Honda Mega Pro.. ane sikat terus sampe rumah wkwkwk
Ijin mantau suhu yg kasih pencerahan tanda2 tali kopling mobil mau putus.


RE: Awas Kabel Kopling Putus...!!! - Fiqi - 09-12-2010 08:41 AM

Gejalanya biasannya agak seret om, karena kabel kopling terdiri dari beberapa kawat, putusnya juga satu-satu dan ga mungkin sekaligus (kecuali dipotong hehehe)....bunyi kreek juga mungkin terjadi walaupun belum putus total karena seperti di atas, putusnya satu2...
Biasanya feeling juga main kok, kalo kopling berasa udah ga enak waktu diinjek atau rasanya berubah, itu biasanya mau putus...ane juga ngalamin putus kabel kopling di tengah jalan, udah feeling tapi karena udah deket rumah ane cuekin, dan ternyata putusnya waktu tinggal sekitar 500 meter dari rumah...apes bener dah...
Jadi kalo kopling udah berubah rasanya waktu diinjek, segera periksanak ke bengkel, mungkin ada gejala mau putus, tau juga mungkin hanya perlu dilumasi karena udah mulai kering...


RE: Awas Kabel Kopling Putus...!!! - Langitt - 09-12-2010 08:45 AM

(08-12-2010 09:31 AM)Langitt Wrote:  trus apa bener Xenia 1300cc bisa pakai Kabel kopling punya avz 1500cc yang katanya sistem hidrolik ya? CMIIW, apa kelebihan nya?

Yang ini belom di jawab???095


RE: Awas Kabel Kopling Putus...!!! - beni - 09-12-2010 10:07 AM

ane udah pernah tanya di DAI,
gak bisa bro,
banyak part yg musti dirubah,
biayanya mahal banget,
mendingan jual mobilnya, beli AVZ aja
btw, km nya udah berapa bro ?
ane sich belum lama ganti kabel kopling,
sebelum putus ...
(09-12-2010 08:45 AM)Langitt Wrote:  
(08-12-2010 09:31 AM)Langitt Wrote:  trus apa bener Xenia 1300cc bisa pakai Kabel kopling punya avz 1500cc yang katanya sistem hidrolik ya? CMIIW, apa kelebihan nya?

Yang ini belom di jawab???095



RE: Awas Kabel Kopling Putus...!!! - Langitt - 09-12-2010 10:13 AM

KM udah 100ribu.... Tongue1