Autocilin
Commonwealth Life
Ingin menjadi member Avanzaxenia.org...!....klik disini..
Untuk Aktivasi User ID AXORG...! ....klik disini..
Pengen tau Kegiatan AXORG di tahun 2013 ini..?? ....klik disini..

Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 0 Votes - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Cara Setel Kopling Avanza Xenia
08-12-2010, 12:42 PM
Post: #1
Cara Setel Kopling Avanza Xenia
OTOMOTIFNET - Beda dengan versi 1.500 cc yang sudah menggunakan fluida, pedal kopling Avanza versi 1.300 cc masih memakai kabel sebagai penariknya. Tentu butuh penyesuaian lagi ketika kabel tersebut mulur seiring usia pakai. Biasanya sih bikin kaki kiri lebih cepat pegel gara-gara pedal kopling lebih berat. Gampang kok balikinnya lagi.

Gbr 1
[Image: juli2010minggu3-setelkoplingtoyotaavanza-01-Arseen.jpg]

Gbr 2
[Image: juli2010minggu3-setelkoplingtoyotaavanza-02-Arseen.jpg].

Gbr 3
[Image: juli2010minggu3-setelkoplingtoyotaavanza-03-Arseen.jpg]

Gbr 4
[Image: juli2010minggu3-setelkoplingtoyotaavanza-04-Arseen.jpg]

Ada 2 penyetelan untuk pedal kopling Avanza, yaitu penyetelan ketinggian pedal dan jarak bebas pedal kopling. "Idealnya sih setel ketinggian pedal dulu baru setel jarak bebas pedal," jelas Marsono, service advisor Tunas Toyota cabang Cinere, Jaksel.

Setel ketinggian pedal membutuhkan kunci ring 14 mm. Caranya mudah, tengok bagian atas pedal kopling, terdapat baut 14 mm untuk menyetel ketinggian pedal. Tinggal putar baut ke arah kiri untuk meninggikan, atau sebaliknya agar lebih rendah (Gbr.1). Patokannya jangan susah-susah. Tinggal lihat saja ketinggian pedal rem (Gbr.2), lalu sesuaikan dengan pedal kopling. Tujuannya supaya kaki lebih gampang berpindah setelah menginjak rem ataupun sebaliknya.

Kelar urusan di interior, sekarang tinggal setel jarak bebas kopling. Tak butuh kunci untuk menyetel jarak bebas kopling, tapi butuh usaha ekstra karena harus disetel lewat kolong kendaraan. Lihat bagian depan rumah transmisi, pada sisi kanan transmisi, terdapat kabel hitam untuk menyetel kopling.

Pada bagian yang menempel dengan rumah transmisi, kabel tersebut dilengkapi dengan gigi penggerak untuk meyetel jarak bebas kopling (Gbr.3). "Jarak bebas standar Toyota untuk kopling Avanza yaitu pedal dapat bergerak bebas 5 mm," lanjut Marsono lagi. Putar gigi searah jarum jam untuk membuat jarak bebas lebih banyak, begitu sebaliknya kalau ingin pedal kopling lebih rapat (Gbr.4).

Tapi itu bukan harga mati, lo. Maksudnya, jarak bebas masih dapat diatur tergantung selera pengemudi. Tinggal sesuaikan kebiasaan mengemudi masing-masing supaya lebih nyaman ketika berkendara.

Sekarang udah enggak bikin kaki kiri pegel lagi kan..?

[Image: avatar_1097.gif?dateline=1286899188] ==> [Image: 69673743.jpg]
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
08-12-2010, 03:27 PM
Post: #2
RE: Cara Setel Kopling Avanza Xenia
good info om ahau,, ini sangat membantu..

Salam hormat,

Rp.Xenia B 1719 TVF
Please add My FB
[Image: misc028.gif]
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
08-12-2010, 03:52 PM
Post: #3
RE: Cara Setel Kopling Avanza Xenia
Nahhh ini trit yang gue tunggu tunggu....

tapi tetep susah ya pemahaman nya....

harus dirumah nih bacanya, biar bisa di hayati bener....
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
08-12-2010, 08:11 PM
Post: #4
RE: Cara Setel Kopling Avanza Xenia
Sangat membantu nih... thanks oom Ahau...

Xe-Li B1149 UKF
[Image: 14tpksh.jpg]
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
09-12-2010, 12:53 AM
Post: #5
RE: Cara Setel Kopling Avanza Xenia
(08-12-2010 12:42 PM)Av Han zA kU Wrote:  Ada 2 penyetelan untuk pedal kopling Avanza, yaitu penyetelan ketinggian pedal dan jarak bebas pedal kopling. "Idealnya sih setel ketinggian pedal dulu baru setel jarak bebas pedal," jelas Marsono, service advisor Tunas Toyota cabang Cinere, Jaksel.

Setel ketinggian pedal membutuhkan kunci ring 14 mm. Caranya mudah, tengok bagian atas pedal kopling, terdapat baut 14 mm untuk menyetel ketinggian pedal. Tinggal putar baut ke arah kiri untuk meninggikan, atau sebaliknya agar lebih rendah (Gbr.1). Patokannya jangan susah-susah. Tinggal lihat saja ketinggian pedal rem (Gbr.2), lalu sesuaikan dengan pedal kopling. Tujuannya supaya kaki lebih gampang berpindah setelah menginjak rem ataupun sebaliknya.

Kelar urusan di interior, sekarang tinggal setel jarak bebas kopling. Tak butuh kunci untuk menyetel jarak bebas kopling, tapi butuh usaha ekstra karena harus disetel lewat kolong kendaraan. Lihat bagian depan rumah transmisi, pada sisi kanan transmisi, terdapat kabel hitam untuk menyetel kopling.

Berarti kopling dan rem diinjak dengan kaki yang sama ya 095095


Angry SPAMMER SUCKS !!! Angry
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
09-12-2010, 10:39 AM
Post: #6
RE: Cara Setel Kopling Avanza Xenia
iya nich, rem khan pake kaki kanan
(ada yg kakinya kidal gak ?)
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
15-11-2011, 11:59 AM
Post: #7
RE: Cara Setel Kopling Avanza Xenia
nice info lagi....gan....
trimakasih...

XELI Prabu
Yagak
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
15-11-2011, 12:48 PM
Post: #8
RE: Cara Setel Kopling Avanza Xenia
ok jugaa nih

Action Speak Lauder than Words
08128090279Babay
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
31-08-2012, 01:30 AM
Post: #9
RE: Cara Setel Kopling Avanza Xenia
yg konci 14 nga selalu yg pasti sering yg dikolong itu
sesuaikan dgn gaya masing2 mau lepas dibawah pa di tengah hehehe kyk mau ngapain aja,
yg pasti jgn stel sampe atas baru jalan bisa tengsin tu kalo antre di puncak...dikira punya bbq di mobilnya...bau angus jack
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
Post Reply 


Forum Jump:


User(s) browsing this thread: 1 Guest(s)