Autocilin
Commonwealth Life
Ingin menjadi member Avanzaxenia.org...!....klik disini..
Untuk Aktivasi User ID AXORG...! ....klik disini..
Pengen tau Kegiatan AXORG di tahun 2013 ini..?? ....klik disini..

Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 0 Votes - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Tips Menata Garasi Mobil
07-01-2011, 04:24 PM (This post was last modified: 07-01-2011 04:33 PM by dimsum7124uv.)
Post: #1
Tips Menata Garasi Mobil
[Image: 20100525_094745_garasi..jpg]

Sebagian orang menggunakan garasi hanya sebagai tempat penyimpanan mobil saja. Namun sebagian lagi juga menempatkan berbagai barang termasuk perkakas dan peralatan rumah tangga.

Malah ada yang gemar menghabiskan banyak waktu di garasi mengerjakan sesuatu. Atau menggunakan garasi sebagai akses utama masuk ke dalam rumah walau tersedia pintu depan.

Nah, selain kondisi mobil, hal yang perlu diperhatikan adalah kondisi garasi di rumah Anda. Soalnya, merawat mobil kesayangan juga bisa dilakukan dengan cara memelihara dan menjaga kondisi garasi.

Namun bagaimana jika kondisi garasi Anda tergolong berantakan? Banyak barang dan kotoran berserakan. Belum lagi jika banyak tumpahan oli, minyak atau bensin di lantai garasi.

Walau mobil sudah bersih, tapi jika kondisi garasi berantakan dan kotor, bisa membuat mobil Anda cepat dihinggapi kotoran atau serangga.

Boleh jadi kini saatnya Anda berpikir untuk makeover garasi. Selain untuk meningkatkan penampilan garasi, makeover ini juga berguna agar garasi Anda lebih terorganisasi. Upaya ini bisa dilakukan secara bertahap atau sekaligus melakukan upgrade secara menyeluruh.

Garasi yang teroganisasi dengan baik tentu memudahkan Anda untuk menyimpan dan mencari berbagai barang. Terutama bagi pemilik mobil yang gemar melakukan pekerjaan atau perawatan yang bersifat do it yourself.

Bayangkan jika garasi Anda memiliki lantai yang bersih, dinding dipenuhi rak dan lemari penyimpanan tertata rapi atau ada area khusus untuk mengerjakan hobi Anda.

Nah, untuk mencapai kondisi seperti itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Tujuan yang ingin dicapai
Perhatikan garasi Anda dan putuskan apa saja yang Anda fokuskan. Seperti bagian mana saja yang bisa dimaksimalkan. Baik dilakukan dengan cara merombak sekaligus atau secara bertahap, selalu ingat pada fokus Anda.

Mencari inspirasi ke beberapa website atau seorang arsitek dapat memudahkan Anda dalam mengambil keputusan. Baik dalam hal biaya, desain maupun kelengkapan lain yang bisa diletakkan di garasi.

Pilah dan pilih
Cara yang baik untuk memulai makeover garasi adalah menata barang yang ada. Hal itu bisa tercapai dengan menyortir barang-barang dalam beberapa kategori. Contohnya, untuk beragam kunci pas, obeng dan lainnya masuk kategori perkakas. Lalu senter, tali, kabel dan sekring cadangan masuk kategori utilitas.

Pertimbangan berikutnya dalam menyortir adalah seberapa sering Anda menggunakan alat tertentu. Selain itu, Anda juga bisa menentukan apakah suatu barang harus disimpan, diberikan ke orang lain atau dibuang.

Membersihkan lantai
Membersihkan lantai bagasi hingga mencapai seluruh sisi dapat mengeliminasi kotoran dan debu serta sarang serangga atau menemukan barang yang tercecer.

Walau lantai garasi telah dibersihkan, terkadang masih tersisa kotoran yang sulit dibersihkan. Seperti tumpahan oli atau bensin.

Bisa jadi di tahap ini Anda bisa mulai memikirkan untuk mengganti permukaan lantai dengan jenis yang lebih mudah dibersihkan seperti halnya di showroom mobil.

Merapikan permukaan lantai
Memoles ulang lantai lama garasi Anda bisa menjadi langkah mudah dengan harga terjangkau. Lantai pun jadi mengilap.

Obat poles lantai dengan epoxy tertentu dapat mengilap lebih lama dan tahan terhadap gesekan dengan ban serta tumpahan oli, minyak atau bensin.

Membenahi lantai bagasi
Jika sering tak memiliki waktu banyak untuk membersihkan garasi, ada solusi mudah bagi lantai garasi Anda. Salah satu cara cepat untuk me-remodel lantai garasi adalah dengan memanfaatkan pelapis floor mat.

Selain antiair, floor mat ini juga mudah untuk dibersihkan baik dengan vaccum cleaner maupun disemprot air. Sebaiknya gunakan selotip pada bibir mat agar Anda tidak tersandung.

Mengganti ubin juga bisa dilakukan tapi dengan biaya lebih besar dan waktu yang lebih lama.

Penempatan lokasi penyimpanan
Setelah Anda menyortir berbagai barang yang ingin Anda simpan, kini saatnya untuk membuat tempat penyimpanan untuk barang-barang itu.

Anda bisa memilih akan memanfaatkan rak susun atau lemari dengan banyak laci sebagai tempat penyimpanan yang ditempatkan merapat ke dinding. Atau paduan keduanya.

Tapi jika ukuran ruang garasi Anda tidak terlalu besar, Anda dapat memasang rak yang dikaitkan ke atap atau dinding bagian atas.

Atau menggunakan hook yang dipasang di dinding sebagai pengait untuk berbagai barang yang bisa digantung. Sehingga pemakaian ruang bisa lebih efisien. Jika ingin terlihat rapi dan aman, Anda bisa menggunakan penutup pada tiap kompartemen.

Menempatkan barang
Setelah lantai sudah bersih dan tempat penyimpanan garasi selesai dikerjakan, tahap berikutnya adalah menempatkan barang-barang.

Penempatan barang ini perlu dilakukan sambil berpikir safety. Misalnya jangan sampai ada barang yang bisa membuat kaki tersandung, meletakkan barang di atas yang mudah jatuh dan lainnya.

Sebaiknya tempatkan barang-barang yang sering Anda gunakan pada penyimpanan yang paling mudah dijangkau.

Sementara barang-barang yang jarang dipakai atau malah hanya untuk disimpan dapat diletakkan di laci paling bawah atau diletakkan di rak paling atas.

Sirkulasi udara
Sirkulasi udara di ruang garasi Anda juga sangat penting. Terlebih jika Anda gemar mengutak-atik mobil di ruang garasi. Anda dapat membuat lubang udara di atas pintu garasi atau memasang exhaust di dinding.

Persiapan
Sebaiknya Anda memiliki perhitungan seberapa lama waktu yang dibutuhkan serta estimasi biaya untuk makeover garasi Anda.

Buatlah daftar rencana, seperti material apa saja yang akan digunakan. Sehingga lebih memudahkan Anda untuk belanja berbagai kebutuhan.

Memilih warna cat dinding, pintu garasi dan lemari penyimpanan sesuai selera bisa menambah kenyamanan Anda. Luangkan pula waktu untuk mengawasi pengerjaan garasi Anda. Sehingga apa yang difokuskan dan selera Anda tetap terjaga.

Tambahan:
Quote:[Image: 20101012_055143_GarasiOKA.jpg]
Garasi merupakan bagian dari rumah untuk menyimpan (menaruh) mobil. Sayangnya, banyak yang belum paham benar menyangkut garasi yang buntutnya malah membuat kerepotan kala memarkirkan mobil di rumah.

Garasi yang baik mesti memenuhi unsur fungsi serta layout yang memadai agar ramah lingkungan. Hal itu sudah mencakup sirkulasi udara baik, kebersihan, terhindar dari debu serta cukup terang.

Selain faktor di atas tadi pemilik juga perlu melihat sisi kepraktisannya, sehingga jangan pengemudi atau penumpang malah kesulitan keluar dari mobil.

Garasi itu harus aman dan nyaman. Patokannya adalah pintu mobil yang bisa terbuka hingga 45O. Tujuannya tentu saja agar pengendara bisa leluasa.

Elemen penting garasi
Garasi ideal juga mesti diperlakukan seperti kamar di dalam rumah. Sehingga mesti memenuhi unsur ukuran, pemilihan lantai, ventilasi udara, penutup garasi (pintu), serta layout tempat penyimpanan tool.

Untuk garasi yang memuat satu unit mobil, ukurannya minimal yang harus dipenuhi adalah 5 x 3 x 3 meter. Ruang itu sudah memenuhi keleluasaan membuka pintu mobil dan memungkinkan lalu lalang Anda keluar-masuk garasi.

Sedangkan ukuran standar luas bangunan/tanah bisa disarankan mendirikan garasi yakni rumah tipe 54/90 m². Kalau dipaksakan pada rumah dengan ukuran kurang dari itu, seperti tipe 21/60 m² atau 45/72 m², dipastikan bakal mengganggu fungsi ruangan lain.

Kemudian berlanjut ke lantai. Bagian ini perlu dipertimbangkan karena sebagai ruang menyimpan mobil pasti akan terdapat lapisan debu, ceceran oli, atau tetesan air dari AC mobil.

Untuk itu perlu material yang kokoh dan mudah dibersihkan. Alternatifnya adalah lantai keramik. Namun pilih keramik yang tidak licin (unpolished) dan berwarna cerah. Selain demi sisi estetika juga agar kotoran yang ada mudah dibersihkan.

Elemen penting berikutnya adalah ventilasi udara yang cukup. Unsur inilah kerap terabaikan. Pastikan sirkulasi udara berjalan baik.

Buatkan kisi-kisi udara di pintu garasi tepat di moncong knalpot mobil agar gas buangan knalpot bisa langsung terbuang keluar. Sedangkan ventilasi udara di sisi kanan atau kiri atas pintu masuk juga perlu diikuti sirkulasi di seberangnya.

Selain melancarkan sirkulasi udara, ventilasi ini berguna membuang keluar debu dan partikel lainnya yang bergerak naik dari mobil.

Lalu bagaimana bila di depannya terhalang ruang lain? Untuk kasus ini, bisa mengaplikasi kipas sirkulasi (exhaust fan) untuk memperlancar keluar masuk udara di dalam garasi.

Selain kenyamanan, unsur keamanan pun wajib ada di garasi. Salah satunya yakni kebutuhan pintu penutup. Ada beberapa pilihan pintu penutup garasi yang ada di pasaran. Mulai dari rolling door, sliding door, folding door, sampai pintu elektrik dengan remote control.

Model sliding door dianggap paling efektif karena efisien, tidak memakan banyak tempat (space), mudah dioperasikan dan tidak berisik.

Tak kalah penting yakni penataan tools yang bisa diakomodasi di satu tempat. Sebaiknya, dibuatkan rak gantung di bagian atas untuk efisiensi ruang.

Lebih dari satu unit, tidak masalah
Bagaimana untuk mobil lebih dari satu unit? Sebenarnya perhitungan pembuatan garasi untuk mobil lebih dari satu unit tidak jauh beda. Baik secara rasio ukuran maupun elemen yang ada di dalamnya.

Bila untuk satu unit dibutuhkan area 5x3x3 meter, maka untuk 2 unit dibutuhkan 5x6x3 meter (menyamping) atau 10x3x3 meter (depan-belakang). Berikut pula seterusnya, tergantung keinginan Anda.

Sebaiknya, bila membangun garasi untuk kapasitas lebih dua unit, letaknya mesti berdampingan atau melebar dan jangan memanjang. Garasi memanjang tak praktis, terutama untuk lalu lalang mobil.

Sebaiknya juga, untuk garasi yang memuat lebih dari satu unit, usahakan meminimalkan tiang di dalamnya. Karena selain memakan ruang juga menimbulkan efek menyempit.

Siasati garasi rendah atau tinggi
Idealnya, lantai garasi sebahu dengan jalan. Tapi tidak demikian dengan kondisi di lapangan. Kerap posisi geografis ini tak menguntungkan, sehingga garasi bisa lebih rendah atau tinggi dari bahu jalan.

Semua itu bisa disiasati, asal memenuhi syarat dan kriterianya. Untuk garasi yang merendah, jangan lupa membuat got kecil kira-kira selebar 50 cm untuk menampung air dari arah garasi yang turun ke dalam. Tutupi got kecil tersebut dengan kisi-kisi besi hingga mudah dibersihkan.

Gunakan pompa yang bekerja otomatis untuk mengatur sirkulasi air di bawah ram besi, bila air yang ditampung sudah melewati batas yang ditentukan.

Sementara, garasi yang meninggi pastikan ketinggian di ujungnya tak lebih dari 10% panjang garasi. Bila lebih, Anda mesti mengurangi level tanah di bagian itu.

PERHATIAN!: Jangan melakukan mencuci mobil di dalam garasi karena bisa membuat lembab ruang dan bisa menimbulkan karat di mobil dan menyebabkan kerusakan sistem kelistrikan.

========================================
Email 1 : dimfuhren@live.com
========================================
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
07-01-2011, 05:04 PM
Post: #2
RE: Tips Menata Garasi Mobil
beuhhhhhh mantab amat garasinya yah... garasi gw sih nggak kalah gede koq sama yg kaya di gambar cuma tempatnya di pinggir jalan wkwkwkwkwkw........

Babay AXORG - 013 Babay
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
07-01-2011, 06:25 PM
Post: #3
RE: Tips Menata Garasi Mobil
gw juga gak ada garasi,
cuma adanya carport
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
Post Reply 


Forum Jump:


User(s) browsing this thread: 1 Guest(s)