Autocilin
Commonwealth Life
Ingin menjadi member Avanzaxenia.org...!....klik disini..
Untuk Aktivasi User ID AXORG...! ....klik disini..
Pengen tau Kegiatan AXORG di tahun 2013 ini..?? ....klik disini..

Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 0 Votes - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Mengganti Kaca Mobil Kenali Cara Pemasangan yang Benar
03-10-2011, 02:24 PM
Post: #1
Mengganti Kaca Mobil Kenali Cara Pemasangan yang Benar
[Image: 20110927_MenggantiKacaMobil-01.jpg]

Tanpa disadari, kaca mobil sering terbentur dengan sebuah benda. Jika benturan tersebut cukup keras, dampak paling fatal adalah kaca pecah atau minimal retak. Apalagi kalau kaca yang terkena benturan berjenis tempered.

“Khusus untuk kaca tempered, kalau saja benturan itu melukai 1/6 ketebalan kaca, sudah sepatutnya kaca pecah. Karena ini merupakan salah satu alat pengamanannya,” ujar Iman Wahyudi, Operational Dept. Head AutoGlass Specialist.

Bisa pula ketika terjadi benturan, luka hantaman yang kasat mata hanya berupa ‘noda’ kecil. Namun luka kecil tersebut dalam waktu tertentu bisa membesar dan menyebar. “Penyebabnya adalah getaran di mobil. Semakin lama, pecahan yang terjadi akan semakin lebar,” tutur pria humoris ini.

Nah, kalau sudah begini tak ada cara lain, kaca harus segera diganti. Untuk menggantinya pun tidak bisa dilakukan sendiri. Dibutuhkan tangan-tangan ahli yang sudah mengerti bagaimana cara melakukan penggantian kaca.

Para profesional seperti AutoGlass memiliki standard operational procedure (SOP) untuk setiap bagian dan jenis kaca di mobil. Selain itu authorized outlet seperti AutoGlass juga menyediakan beragam kaca untuk berbagai jenis mobil, serta didukung peralatan standar untuk penggantian.

Contohnya adalah kaca samping yang berada di baris ketiga milik Toyota Avanza. Hal pertama yang dilakukan adalah memasang cover body interior. “Langkah ini perlu untuk mencegah serpihan kaca berhamburan di dalam kabin,” jelas Iman.

Proses selanjutnya adalah mengetuk perlahan bagian samping luar kaca. “Biasanya kaca samping sudah menggunakan kaca film. Makanya yang kita ketok bagian pinggirnya saja, karena retakan kaca sudah tertahan kaca film,” jelasnya lebih lanjut.

Setelah kaca terlepas, langkah berikutnya adalah cleaning. Proses ini dengan membersihkan pecahan kaca yang tertinggal di permukaan bodi mobil. Selain itu, bekas sealant yang menempel untuk kaca pun dikerok menggunakan scrapper.

Selanjutnya, proses pemasangan kaca baru mulai disiapkan. “Proses ini kami namakan primary. Setelah kaca siap, diberikan sealant. Peletakan sealant tergantung dari bentuk dan posisi kaca. Kalau sekitar kaca terdapat aksesori seperti rear wing atau ban cadangan, sealant kami letakkan di bodi mobil. Tapi standar AutoGlass adalah selalu meletakkan sealant di kaca,” tutur Iman.

Setelah itu barulah kaca dipasang. Nah, pada proses ini dibutuhkan ketelitian dan pengalaman agar kaca terpasang sebagaimana mestinya. Agar posisi kaca tidak berubah, pada bagian tertentu diberi sebuah bantalan.

Apakah mobil sudah langsung dibawa oleh konsumen? Belum. Konsumen harus menunggu 45–60 menit sebelum mobil dinyatakan aman untuk berkendara. Waktu ini dibutuhkan agar fungsi sealant sebagai perekat dipastikan kering sehingga posisi kaca tidak akan goyang.

[Image: 20110927_MenggantiKacaMobil-02.jpg]
[Image: 20110927_MenggantiKacaMobil-03.jpg]
[Image: 20110927_MenggantiKacaMobil-04.jpg]
[Image: 20110927_MenggantiKacaMobil-05.jpg]
[Image: 20110927_MenggantiKacaMobil-06.jpg]
[Image: 20110927_MenggantiKacaMobil-08.jpg]
[Image: 20110927_MenggantiKacaMobil-10.jpg]

Jangan dilakukan!!
Jika kaca mobil sudah diganti, ada satu hal yang jangan pernah dilakukan. Hal terlarang itu adalah langsung mencuci mobil menggunakan steam atau air bertekanan tinggi.

Karena jika hal ini nekat dilakukan, bisa mempengaruhi kualitas perekat yang sudah menempel di kaca. “Bukan airnya yang kita takutkan. Tapi tekanan tinggi dari steam yang dikhawatirkan mempengaruhi kekuatan sealant.

Kalau mau dicuci, silahkan saja, tapi jangan menggunakan air bertekanan tinggi steam. Lebih aman lagi kalau dicuci dalam jangka waktu 1 x 24 jam setelah pemasangan,” tukas Iman Wahyudi.
[Image: 20110927_MenggantiKacaMobil-11.jpg]

Fungsi sealant
Sealant sampai dengan saat ini dikenal sebagai media perekat. Namun ternyata karet ini memiliki fungsi lain yang berhubungan dengan keselamatan.

Utamanya ketika terjadi tabrakan frontal, sealant berfungsi sebagai penahan agar kaca tak lepas dari bodi. Hal ini untuk mencegah kemungkinan pengemudi atau penumpang terlempar ke luar mobil.

Oleh karena itu, sealant pun harus dipastikan memiliki kualitas yang baik. Sealant berkualitas buruk seperti yang banyak digunakan saat ini cenderung menimbulkan karat atau keropos. Sehingga berisiko tak mampu menahan kaca ketika terjadi benturan keras.
[Image: 20110927_MenggantiKacaMobil-12.jpg]

========================================
Email 1 : dimfuhren@live.com
========================================
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
04-10-2011, 03:26 PM
Post: #2
RE: Mengganti Kaca Mobil Kenali Cara Pemasangan yang Benar
nice share om Gozkirpma
semoga jangan sampe ane kena ginian Bercucuran

[Image: fullax.jpg?et=N3m1lRD3SWysiJERNOkRtA&...=436077390]
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
Post Reply 


Forum Jump:


User(s) browsing this thread: 1 Guest(s)