Autocilin
Commonwealth Life
Ingin menjadi member Avanzaxenia.org...!....klik disini..
Untuk Aktivasi User ID AXORG...! ....klik disini..
Pengen tau Kegiatan AXORG di tahun 2013 ini..?? ....klik disini..

Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 0 Votes - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Cara Perawatan Kisi-Kisi Radiator, Bersih Sampai Celah Terkecil
25-04-2012, 09:53 AM
Post: #1
Cara Perawatan Kisi-Kisi Radiator, Bersih Sampai Celah Terkecil
JAKARTA - Biasanya, para pemilik mobil tiap membersihkan sektor mesin suka melewatkan kebersihan kisi-kisi radiator. Kebanyakan mereka hanya memperhatikan tampilan luarnya saja tapi tidak sampai ke celah terkecil.

“Emang sih bersihinnya agak susah, tapi kalau sudah bersih terlihat seperti mobil baru lagi,” ungkap Rizky Nizamuddin, mahasiswa Universitas Bina Nusantara, Jakarta ini.

Kotoran yang hinggap di kisi-kisi radiator bisa menyebabkan pendinginan jadi kurang maksimal (Gbr.1). “Kebersihan dan keutuhan kisi-kisi radiator harus terus dijaga, minimal pas nyuci mobil sekalian disemprot air biar rontok kotorannya,” ungkap Broto, kepala bengkel Tunas Toyota Jatiwaringin, Jakarta Timur.

[Image: 20120423_perawatan_2.jpg]

Mau bersihin sendiri? Gak susah kok! Cukup siapkan sikat gigi bekas beserta sabun colek. Langkah pertama, siram radiator dengan air bersih (Gbr.2). Tapi ingat, jangan gunakan air bertekanan tinggi, pakai selang saja untuk menyiram agar kisi-kisi radiator tak rusak.

Kemudian sikat memakai sikat gigi yang dicampur sabun colek hingga bersih. Nah, kalau bagian dalamnya susah dijangkau, bisa manfaatkan bambu atau kayu yang cukup panjang yang disambung ke batang sikat gigi (Gbr.3). Ini dilakukan agar bagian dalamnya juga gampang dibersihkan.

Kalau sudah bersih, basuh lagi dengan air bersih sampai busanya hilang. Lalu siapkan lap chamois dan keringkan bagian radiator yang bisa dijangkau oleh tangan. “Kalau perlu kipas radiatornya sekalian dibersihin juga biar maksimal,” tambah Broto.

Bagaimana sudah bersih, belum? Kalau sudah, sebagai langkah finishing bisa lakukan pemolesan pada sektor radiator agar terlihat makin kinclong. “Cukup pakai semir ban saja, kemudian ratakan pakai spon,” tambah Izam panggilan akrab mahasiswa jurusan teknik industri ini (Gbr.4).

SUMBER
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
25-04-2012, 04:38 PM
Post: #2
RE: Cara Perawatan Kisi-Kisi Radiator, Bersih Sampai Celah Terkecil
siiip om ijam,,,

add my facebook
twitter : @dudex_20
WA : 08125504113
pin BB : 280e7bbd
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
25-04-2012, 11:18 PM
Post: #3
RE: Cara Perawatan Kisi-Kisi Radiator, Bersih Sampai Celah Terkecil
Si Ganteng yg Muncul di Koran itu yah ini????

AVG Silver B 2282 QL
One For All...All For One ...
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
01-05-2012, 02:21 PM
Post: #4
RE: Cara Perawatan Kisi-Kisi Radiator, Bersih Sampai Celah Terkecil
konsep nya boleh diguanakan untuk membersihkan Kondensor ya , biar ac mobilnya lebih awet SmileSmileSmile

Green OTO
" Specialist Ac Mobil "

021-86611342 / 92405888
Pin BB : 29D4BCC6
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
02-05-2012, 12:44 PM
Post: #5
RE: Cara Perawatan Kisi-Kisi Radiator, Bersih Sampai Celah Terkecil
Ada yang tau ga apa efeknya kalau pake air bertekanan tinggi?

Soalnya aku kadang dirumah aku semprot pake air bertekanan tinggi banget utk bagian kisi2 radiator dan memang tanah yang rontok banyak banget setelah itu...
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
03-05-2012, 12:52 PM (This post was last modified: 03-05-2012 12:54 PM by i j a m.)
Post: #6
RE: Cara Perawatan Kisi-Kisi Radiator, Bersih Sampai Celah Terkecil
(25-04-2012 04:38 PM)dudex020 Wrote:  siiip om ijam,,,

Oke om Gozkirpma

(25-04-2012 11:18 PM)teguh ismanto Wrote:  Si Ganteng yg Muncul di Koran itu yah ini????

ya dnk bro AddEmoticons0053

(01-05-2012 02:21 PM)greenoto Wrote:  konsep nya boleh diguanakan untuk membersihkan Kondensor ya , biar ac mobilnya lebih awet SmileSmileSmile

Ane masih inget sempet di kasih bocoran sm si bos tentang ini waktu kopdar di greenoto Big Grin

(02-05-2012 12:44 PM)Langitt Wrote:  Ada yang tau ga apa efeknya kalau pake air bertekanan tinggi?

Soalnya aku kadang dirumah aku semprot pake air bertekanan tinggi banget utk bagian kisi2 radiator dan memang tanah yang rontok banyak banget setelah itu...

jangan om nanti mobilnya masuk angin+kesakitan Tuh
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
Post Reply 


Forum Jump:


User(s) browsing this thread: 1 Guest(s)