Autocilin
Commonwealth Life
Ingin menjadi member Avanzaxenia.org...!....klik disini..
Untuk Aktivasi User ID AXORG...! ....klik disini..
Pengen tau Kegiatan AXORG di tahun 2013 ini..?? ....klik disini..

Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 0 Votes - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Teknik Pengereman
16-09-2012, 11:16 PM (This post was last modified: 16-09-2012 11:22 PM by i j a m.)
Post: #1
Teknik Pengereman
Sumber : Saft7.com

Melalui artikel sederhana ini, saya ingin mengajak semua teman-teman untuk berkendara dengan aman, mengutamakan keselamatan baik untuk diri sendiri maupun untuk orang disekitar kita. Sudah banyak contoh kejadian kecelakaan yang menyalahkan fungsi rem, dikatakan “REM BLONG!”, padahal sebenarnya rem bekerja dalam kondisi sangat baik, namun cara kita ngeREM yang salah, membuat kendaraan tidak dapat berhenti bahkan tidak dapat dikendalikan.

Semua sepakat, bahwa fungsi Rem pada kendaraan (mobil, motor, sepeda, becak, bajaj, dsb) adalah untuk memperlambat dan memberhentikan kendaraan. Perangkat rem menjadi demikian penting dalam semua kendaraan. Namun ternyata rem bisa tidak berfungsi sebagaimana mestinya apabila kita tidak benar pengoperasiannya sehingga terjadi kecelakaan. Bahkan pembalap kelas dunia pun mengakui bahwa ngeREM adalah hal yang sulit dalam mengemudi, dan perlu latihan khusus. Membuat agar berhenti atau memperlambat kendaraannya yang sedang berjalan sangat kencang dengan aman dan tidak membahayakan dirinya dan orang lain.

GRIP RODA SANGAT PENTING


Pijakan dan daya cengkram roda/ban terhadap jalan/aspal sangat penting. Dengan adanya grip atau dengan kata lain ban menapak sempurna dengan jalan/aspal maka kendaraan dapat dikendalikan dengan baik. Sebaliknya, apabila jalan licin atau ban kondisi tidak bagus sehingga mengurangi daya cengkram terhadap jalan/aspal, membuat kendaraan sulit dikendalikan atau tergelincir atau sering disebut “Selip”.

Pada saat kendaraan sedang meluncur, kemudian ban mengunci hingga diam/berhenti berputar akibat dari kita menginjak penuh pedal rem, hal ini membuat hilangnya grip / daya cengkram ban terhadap jalan/aspal. Sekalipun kita membelokkan steer dengan maksud menghindar dari tabrakan akan tidak berarti apa-apa, sebab kendaraan tetap akan melaju lurus kedepan akibat hilangnya grip tadi.

Untuk itu kita perlu tetap menjaga agar ban semaksimal mungkin mendapatkan grip terhadap jalan/aspal. Caranya: pada saat kita injak pedal rem dan ban terdengar berdecit mengunci, segera kendurkan injakan pedal rem untuk mendapatkan kembali grip, kemudian ulangi injak pedal rem hingga kendaraan berhenti tanpa terjadi selip.

TEKNOLOGI ABS (Anti-lock Braking System)


Teknologi Rem pada kendaraan pun terus dikembangkan hingga mempermudah pengemudi mengoperasikannya dan dapat tetap konsentrasi penuh untuk menghindar dari kecelakaan yang tidak diinginkan terjadi (saat kondisi panik/rem mendadak).

Setiap roda dipasang sensor dan pulser untuk dikontrol oleh komputer ABS (Control module). Dan perangkat rem pada setiap roda juga dikontrol oleh komputer ABS.
Saat terjadi pengereman, ketika ban terdeteksi tidak berputar atau selip, maka komputer akan membuat perangkat rem pada ban tersebut membuka agar ban kembali berputar untuk mendapatkan grip, dan proses rem dilanjutkan.

Proses ini cukup cepat, sehingga terasa seperti pulsa/getaran yang dapat dirasakan pada pedal rem saat kita menginjak pedal tersebut.
Keras atau halusnya pulsa/getaran pada pedal berbeda tiap mobil, berkaitan dengan teknologi dan kualitas ABS yang digunakan.
Biasanya mobil mahal akan semakin tidak terasa getaran/pulsa nya.

[Image: rem-02.jpg]

Gambar di bawah memperlihatkan teknologi ABS sangat membantu kendaraan untuk dapat menghindari dari kecelakaan saat melakukan pengereman mendadak.

Untuk kendaraan yang belum menggunakan teknologi ABS, lebih sulit untuk menghindari kecelakaan apabila teknik pengereman tidak benar.

[Image: rem-03.jpg]

BELAJAR ngeREM YUK…
Kendaraan kita belum dilengkapi teknologi ABS? Yuk kita sama-sama belajar bagaimana mengoperasikan Rem dengan benar, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan.

1. INJAK PENUH ?

[Image: rem-full.gif]
Cara pengereman ini paling sering dilakukan, dan umumnya karena berpikir bahwa REM adalah untuk membuat kendaraan berhenti, jadi perlu diinjak sekeras-kerasnya saat rem mendadak agar dapat berhenti. HINDARI CARA SEPERTI INI !!!

Cara pengereman mendadak dengan menginjak penuh pedal rem, umumnya membuat ban mengunci sehingga ban kehilangan grip, kendaraan akan terus meluncur dan sangat sulit untuk dikendalikan. INI SANGAT BERBAHAYA! BERLATIH UNTUK TIDAK MELAKUKANNYA !!!

Gambar di bawah memperlihatkan jarak pengereman yang sangat panjang akibat ban kehilangan grip terhadap jalan/aspal:
[Image: rem-full1.gif]

2. PULSE BRAKING
[Image: rem-pulse.gif]
Supaya ban mendapatkan grip saat melakukan rem mendadak, kita dapat melakukannya dengan menginjak-lepas-injak-lepas-injak-lepas pedal rem sedalam-dalamnya dengan cepat. Sebenarnya ini mirip yang dilakukan oleh teknologi ABS.
Dengan teknik Pulse ini jarak pengereman kendaraan menjadi lebih pendek, dan kendaraan dapat sambil dikendalikan arahnya.

Jadi saat melakukan Pulse Braking ini, kita dapat membelokkan kendaraan untuk menghindar dari tabrakan dengan yang di depan kita.

Gambar di bawah memperlihatkan jarak pengereman yang jauh lebih pendek ketimbang cara yang salah (no.1) di atas.
[Image: rem-pulse1.gif]

3. THRESHOLD
[Image: rem-threshold.gif]
Cara ini mirip seperti nomor 1, tetapi pedal ditekan hingga hampir habis (titik kritis) sesaat sebelum ban terkunci, terus ditekan hingga kendaraan benar-benar berhenti.

Ternyata cara ini dapat memperpendek jarak pengereman, lebih pendek dari cara Pulse Braking di atas. Namun cara ini memerlukan latihan agar dapat benar-benar mengenali karakter dari rem kendaraan tersebut. Setiap kendaraan memiliki karakter perangkat rem yang berbeda-beda.

Pada gambar di bawah memperlihatkan jarak pengereman yang cukup pendek.
[Image: rem-threshold1.gif]

4. DENGAN ABS
[Image: rem-full.gif]
Untuk kendaraan yang sudah menggunakan teknologi ABS, maka cara pengereman yang benar adalah saat melakukan Rem mendadak, injaklah penuh pedal rem secara cepat dan kuat, tetap tahan pedal tersebut hingga kendaraan berhenti.

Akan terasa pulsa/getaran pada pedal, itu normal, dan mendandakan fungsi ABS sedang bekerja mengatur pengereman di tiap roda.

Yang sering terjadi, banyak orang yang malah melepas injakan pedal rem tersebut dikarenakan kaget ada getaran pada pedal rem tersebut, sehingga kecelakaan pun terjadi karena kendaraan akhirnya terus meluncur.

Gambar di bawah memperlihatkan jarak pengereman ABS sangat baik.
[Image: rem-abs1.gif]


Catatan:

1.Kita perlu meluangkan waktu untuk berlatih mengenal karakter kendaraan yang kita gunakan. Cari area kosong yang cukup luas untuk berlatih ngeRem yang benar hingga kita benar-benar mengenal karakter kendaraan tersebut. Berapa jarak pengereman efektif dari kendaraan tersebut.

2.Dengan mengenal karakter kendaraan, kita dapat menjadi lebih berhati-hati saat berkendara. Tidak memaksakan diri diluar batas kemampuan kendaraan tersebut.

3.Teknik Threshold juga dapat diterapkan pada kendaraan dengan rem ABS.

4.Jika dilakukan dengan baik, jarak pengeremannya dengan teknik threshold dapat lebih pendek dibanding dengan ABS.

5.Perhatikan juga kendaraan di belakang kita saat akan melakukan pengereman mendadak, usahakan untuk dapat menghindar dari tabrakan beruntun.

6.Jika memungkinkan, ikuti kursus/pelatihan berkendara aman (Defensive Driving Course), untuk mendapatkan teori dan praktek yang lebih mendalam.


Semoga bermanfaatGozkirpma
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
17-09-2012, 01:29 PM
Post: #2
RE: Teknik Pengereman
Thank's infonya om Ijam...Yagak
ternyata om ijam ahli dalam hal Rem mengerem nih... Big Grin
Kalo ngerem pake bekas sendal jepit tekniknya gimana om Ijam...?Hexer

~PISS~ [Image: maingitar.gif]
Follow @AXORG_
our official account on Twitter...

[Image: signbot-1.gif]
Visit this user's website Find all posts by this user
Quote this message in a reply
17-09-2012, 11:44 PM
Post: #3
RE: Teknik Pengereman
(17-09-2012 01:29 PM)max.bhow Wrote:  Thank's infonya om Ijam...Yagak
ternyata om ijam ahli dalam hal Rem mengerem nih... Big Grin
Kalo ngerem pake bekas sendal jepit tekniknya gimana om Ijam...?Hexer

Sama2 om Yagak

Ya dnk om kalau putus cinta masih bisa hidup,kalau putus rem bisa mati kita Bl8

Bisa om,tapi body yg di bawah pedal mesti di bolongin dulu,atau di bikin kayak gini lebih oke Hexer

[Image: 8678473_bigthumb.jpg]

Bd4Bd4Bd4
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
20-09-2012, 01:16 AM
Post: #4
RE: Teknik Pengereman
UP
UPUPUP
UPUPUPUPUP
UPUP
UPUP
UPUP
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
20-09-2012, 07:14 AM
Post: #5
RE: Teknik Pengereman
(17-09-2012 11:44 PM)i j a m Wrote:  Sama2 om Yagak

Ya dnk om kalau putus cinta masih bisa hidup,kalau putus rem bisa mati kita Bl8

Bisa om,tapi body yg di bawah pedal mesti di bolongin dulu,atau di bikin kayak gini lebih oke Hexer

[Image: 8678473_bigthumb.jpg]

Bd4Bd4Bd4

wah mantab tuh, XeLi loe gak dimodif kayak gitu Jam...???
Big GrinTuhBabay

~PISS~ [Image: maingitar.gif]
Follow @AXORG_
our official account on Twitter...

[Image: signbot-1.gif]
Visit this user's website Find all posts by this user
Quote this message in a reply
21-09-2012, 01:38 AM
Post: #6
RE: Teknik Pengereman
(20-09-2012 07:14 AM)max.bhow Wrote:  wah mantab tuh, XeLi loe gak dimodif kayak gitu Jam...???
Big GrinTuhBabay

Mantap si mantap om,cuman orang sekampung turun smua Tuh

Ga ah om,coba om aja yg lebih senior monggo di coba Big Grin
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
03-10-2012, 08:03 PM
Post: #7
RE: Teknik Pengereman
(21-09-2012 01:38 AM)i j a m Wrote:  Mantap si mantap om,cuman orang sekampung turun smua Tuh

Ga ah om,coba om aja yg lebih senior monggo di coba Big Grin

wah kalo ane udah gak jaman modif-modifan model begini Jam... Tuh Big Grin Babay

~PISS~ [Image: maingitar.gif]
Follow @AXORG_
our official account on Twitter...

[Image: signbot-1.gif]
Visit this user's website Find all posts by this user
Quote this message in a reply
04-10-2012, 01:41 AM
Post: #8
RE: Teknik Pengereman
(03-10-2012 08:03 PM)max.bhow Wrote:  wah kalo ane udah gak jaman modif-modifan model begini Jam... Tuh Big Grin Babay

jiahhh si omTuhTuh

bisa aja ni Tongue1
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
Post Reply 


Forum Jump:


User(s) browsing this thread: 1 Guest(s)